PENDAHULUAN
Kalau kita pehatikan pada bagian awal buku
kurikulum PAI (pendidikan agama islam) baik itu tingkat SD/MI, SMP/ MTs, maupun
SMA/MA, selalu mencantumkan tujuan pendidikan agama islam, yaitu meningkatkan
keimanan, pemahaman, penghayatan dan pengalaman siswa tentang agama islam,
sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT
serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan
bernegara.
Untuk menanamkan dasar-dasar keimanan
tersesbut dikembangkan ruang lingkup PAI yang meliputi keselarasan, keserasian
dan keseimbangan hubungan manusia antar sesama, alam dan lain sebagainya. Maka
meteri PAI dikelompokkan menjadi 7 unsur pokok yaitu keimanan, ibadah, al
Qur`an, akhlak syari`ah muamalah dan tarikh. Selanjutnya materi-materi
tersebut dikembangkan dalam proses belajar mmengajar yang menitikberatkan pada
Tiga aspek yaitu, kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Berdasarkan pengamatan yang dilakukan selama ini menunjukan bahwa sebagaian
besar proses belajar mengajar PAI hanya perbutar itu saja, sehingga menimbulkan
kesan monoton dan membosankan. Ditambah lagi Proses pembelajaran Pendidikan
Agama Islam selama ini masih konvensional dan keterbatasan sumber belajar
membawa dampak pada kurangnya pemahaman dan pengamalan siswa terhadap materi pelajaran
Pendidikan Agama Islam. Faktor sarana dan prasarana yang belum memadai, sumber
daya manusia yang belum memadai dan masih terbatas dan juga kurikulum yang
belum siap untuk menyongsong masa yang akan datang. Penerapan dan pengembangan kurikulum berbasis
ICT adalah salah satu langkah strategis dalam menyongsong masa depan pendidikan
Indonesia. Hal ini sesuai dengan kebijakan yang ada dalam Rencana Strategis
Departemen Pendidikan Nasional 2005-2009. Kurikulum masa depan bukan sekedar
mengikuti Tren Global melainkan merupakan suatu langka strategis didalam
upaya meningkatkan akses dan mutu layanan pendidikan kepada masyarakat[1].
Sebelum penerapan dan
pengambangan kurikulum berbasis ICT benar-benar didilaksanakan, setidaknya kita
harus mengetahui apa itu ICT beserta komponen-komponennya agar kita lebih
maksimal dalam penerapan kurikulum berbasis ICT. Melihat pentinng hal tersebut,
maka pemakalah mencoba menulis dan menjelaskan hardware dan komponen
ICT.
PEMBAHASAN
A. Pengertian
Perangkat Hardware ICT
Dahulu, manusia
mengirimkan surat menggunakan burung merpati sebagai media pengirimnya. Berkat
kecerdasan manusia yang merupakan anugerah dari Tuhan, manusia mengembangkan
teknologi yang mempermudah pengiriman surat. E-mail merupakan contoh pengiriman
surat melalui media jaringan komputer. Pengiriman surat melalui e-mail dapat
dilakukan dengan mudah dan cepat. Sarana ini merupakan salah satu bentuk
pengembangan dari teknologi informasi dan komunikasi. Isi surat e-mail adalah
pengembangan teknologi informasi, sedangkan jaringan komputer adalah teknologi
komunikasi. Apa itu teknologi informasi dan komunikasi? Sebelum menjelaskan hal
itu, kita pelajari dahulu pengertian informasi dan komunikasi.
Informasi merupakan
kumpulan data yang saling terkait dan telah diproses secara kompleks.[2]
Dengan kata lain, informasi merupakan hasil dari sebuah data yang telah
diproses. Data-data yang tercatat dan saling terkait dikumpulkan, kemudian diolah atau diproses
sehingga menghasilkan informasi yang tepat dan akurat. Selanjutnya, informasi
menjadi data yang akan diolah dan akan menjadi informasi yang lainnya. Apabila
digambarkan dalam bentuk diagram, siklus pembentukan informasi
Komunikasi merupakan
suatu proses penyampaian informasi berupa pesan, ide, atau gagasan dari satu
pihak kepada pihak lain agar terjadi saling memengaruhi di antara keduanya. Ada
dua jenis komunikasi, yaitu komunikasi verbal dan nonverbal. Komunikasi verbal
adalah komunikasi menggunakan kata- kata, baik berupa lisan atau tulisan.
Komunikasi nonverbal merupakan pengganti ataupun pendukung dari komunikasi
verbal. Contoh dari komunikasi nonverbal adalah gerakan badan yang menunjukkan
sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, atau mengangkat bahu.
Komunikasi harus memenuhi beberapa komponen
agar komunikasi berlangsung dengan baik. Menurut Laswell, komponen-komponen
komunikasi adalah sebagai berikut:
• Pengirim atau komunikator (sender) adalah pihak yang mengirimkan pesan
kepada pihak lain, yaitu komunikan.
• Pesan (message) adalah isi atau maksud yang akan disampaikan oleh
komunikator kepada komunikan.
• Saluran (channel) adalah media yang digunakan komunikator untuk
mengirimkan pesannya kepada komunikan. Dalam komunikasi atau percakapan
antarpribadi secara langsung (tatap muka), saluran dapat berupa udara yang
mengalirkan getaran nada/suara.
• Penerima atau komunikan (receiver) adalah pihak yang menerima pesan dari
pihak lain.
• Umpan balik (feedback) adalah tanggapan dari komunikan pesan atas isi
pesan yang disampaikan.[3]
Teknologi Informasi dan
Komunikasi yang sering disingkat TIK merupakan istilah dari bahasa Inggris,
yaitu ICT (Information and Communication Technology). Teknologi informasi
meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses manipulasi data dan
pengelolaan informasi. Teknologi komunikasi meliputi segala hal yang berkaitan
dengan proses penyampaian atau pengiriman informasi dari pengirim ke penerima.
Dari pengertian teknologi informasi dan teknologi komunikasi, kedua teknologi
tersebut merupakan teknologi padanan tak terpisahkan, artinya kedua teknologi
itu saling berkaitan erat satu sama lain. Teknologi informasi dan komunikasi
merupakan segala bentuk kegiatan yang terkait dengan proses manipulasi,
pengelolaan, dan pemindahan informasi dari pengirim ke penerima.
Pengetahuan tentang TIK
membantu kita agar mengenal, menggunakan, dan merawat peralatan-peralatan yang
berhubungan dengan TIK. Selain itu, kita juga harus mengembangkan potensi kita
untuk mengembangkan TIK yang sudah ada sekarang. Dengan TIK, kualitas kehidupan
manusia di berbagai bidang menjadi meningkat.
Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) atau information communication
and technology (ICT) di era globalisasi saat ini sudah menjadi
kebutuhan yang mendasar dalam mendukung efektifitas dan kualitas proses
pendidikan. UNESCO (2003) mendefenisikan “ ICT generally relates to those
technologies that are used for accessing, gathering manipulating and presenting
or communicating information. The technologies could include hardware computer
and others devices, software applications, and connectively, access to the
internet, local networking infrastructure and video conferencing”. Berdasarkan konseptual tersebut, peran TIK sebagai alat untuk memungkinkan
terjadinya proses pendidikan dan pembelajaran yang efektif dan efesien.
ICT (Information and Communication Technology) di
Indonesia dikenal sebagai TIK (tehnologi Informatika). Teknologi Informatika adalah suatu teknologi yang digunakan
untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun,
menyimpan,memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi
yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang
digunakan untuk keperluan pribadi, pendidikan, bisnis, dan pemerintahan yang
merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.
Hardware ICT Dalam bahasa Indonesia
disebut juga dengan nama perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah
komputer yang secara fisik dapat dijamah, dilihat dan dipindahkan oleh manusia secara langsung atau yang
berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi. Hardware atau perangkat merupakan satu komponen penting pada sebuah komputer.
Komputer terdiri atas tiga perangkat penyusun yang saling berhubungan erat dan
saling mendukung satu sama lain serta saling mempengaruhi.
Hardware dapat bekerja
berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut
dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat
dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan
berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah. Hardware adalah unsur penyusun computer yang dapat kita sentuh karena
merupakan peralatan yang berupa fisik yaitu alat elektronik dan mekanik.
B.
Hardware ICT
Sesuai dengan namanya,
perangkat keras atau hardware adalah
perangkat komputer yang dapat kita lihat dengan mata kita (berwujud).
Berdasarkan fungsinya, perangkat keras ini dikategorikan menjadi tiga jenis,
yaitu peralatan masukan (input device), peralatan proses, dan peralatan
keluaran (output device).[4] Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan
mengakibatkan tidak berfungsinya proses-proses yang ada komputer dengan baik.
Lebih jelasnya akan dijelaskan penulis satu persatu
sebagai berikut
1. Input divice (unit masukan)
Input divice (unit
masukan) adalah Peralatan masukan adalah peralatan yang
berfungsi untuk menerima dan yang diberikan oleh manusia atau perlatan lainnya
dan mengirimkan data tersebut dalam bentuk digital kepada komputer. Input divice (unit masukan) ini terdiri dari :
a. Mouse
Mouse atau tetikus adalah suatu alat mpenggerak kursor pada
sistem operasi berbasis grafik atau GUI (graphical user interface).[5] Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat.
Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.
sinyal-sinyal listrik sebagai input
device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan
pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol,
umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan.
Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak
tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik
(Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang
ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan
diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan
menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan
sambil digeser.
b. Keyboard
Keyboard merupakan alat
untuk memasukkan data maupun perintah ke CPU, biasanya berupa rangkaian
huruf, angka, dan tombol fungsi lainnya.
Keyboard berasal dari bahasa Inggris
yang artinya papan ketik.[6] Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka,
karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan
perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka
file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang
diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada
tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang
digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini
diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization).
Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita
kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.[7]
Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG
Keyboard
yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip
seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1. typewriter key
2. numeric key
3. function key
4. special function key.
1. Typewriter
Key
Tombol ini merupakan tombol utama dalam input.
Tombol ini sama dengan tuts pada mesin tik yang terdiri atas alphabet dan
tombol lainnya sebagaimana berikut :
v Back
Space;Tombol
ini berfungsi untuk menghapus 1 character di kiri cursor
v Caps Lock;Bila tombol ini ditekan, maka
lampu indikator caps lock akan menyala, hal ini menunjukkan bahwa huruf yang
diketik akan menjadi huruf besar atau Kapital, bila lampu indicator caps lock
mati, maka huruf akan menjadi kecil.
v Delete;Tombol ini berfungsi untuk
menghapus 1 karakter pada posisi cursor
v
Esc;Tombol ini berfungsi untuk membatalkan suatu perintah
dari suatu menu.
v
End;Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor ke
akhir baris/halaman/lembar kerja
v Enter;Tombol ini berfungsi untuk
berpindah ke baris baru atau untuk melakukan suatu proses perintah.
v Home;Untuk menuju ke awal baris atau
ke sudut kiri atas layar
v Insert;Tombol ini berfungsi untuk
menyisipkan character.
v Page Up;Tombol ini berfungsi untuk
meggerakan cursor 1 layar ke atas
v Page Down;Tombol ini berfungsi untuk
Menggerakkan cursor 1 layar ke bawah
v
Tab;Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor 1
tabulasi ke kanan.
2. Numeric Key
Tombol
ini terletak di sebelah kanan keyboard. tombol ini terdiri atas angka dan arrow
key. Jika lampu indikator num lock menyala maka tombol ini berfungsi sebagai
angka. Jika lampu indikator num lock mati maka tombol ini berfungsi sebagai
arrow key.
3. Function Key
Tombol
ini terletak pada baris paling atas, tombol fungsi ini ini terdiri dari F1 s/d
F12. Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari program komputer yang
digunakan.
4. Special Function Key
Tombol
ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt. Tombol akan mempunyai fungsi bila
ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya. Misalnya, untuk memblok menekan
bersamaan tombol shift dan arrow key, untuk menggerakan kursor menekan
bersamaan ctrl dan arrow key.
c. Joystick
Alat ini merupakan perangkat tambahan
untuk permainan atau game.[8] Sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau
persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur
gerak suatu objek dalam komputer. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua
atau tiga dimensi ke komputer. Alat ini umumnya digunakan sebagai pelengkap
untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu
tombol.
d. Scanner
Scanner
merupakan alat bantu untuk memasukkan data berupa gambar atau grafik dan
mengubahnya ke dalam bentuk digital sehingga dapat diproses dan digabungkan
dengan bentuk data yang berupa teks.[9] Yang
mana pindai adalah melihat dengan teliti dan seksama, dan pemindai adalah alat
yang dapat membaca data dengan teliti dan seksama. Scanner adalah alat yang
dapat digunakan untuk mengimport gambar kedalam computer.
Berdasarkakn
cara kerja scanner dibedakan menjadi dua:
·
Scanner ADF (automatic document feeder)
·
Scanner fletbad
e. Touchpac
Touchpac adalah pad kecil yang dibuat dari bahan yang sensitif terhadap
sentuhan atau tekanan . Fungsi Touchpac sama dengan mouse karena
memiliki bagian sensor petunjuk (krusor)
dan untuk mengeklik. Biasa touchpac
terdapat pada notebook dan HP touckrin.
Tujuan
diciptakannya touchpad adalah menyimpel-kan pemakaian mouse, yang dulunya
pemakaian mouse memerlukan yang cukup luas, serta diperlukan alas yang rata.
Dengan adanya touchpad user masih dapat menggunakan komputer (notebook/netbook)
dimana saja walaupun di tempat yang sempit pula. Seperti halnya dengan mouse
yang mempunyai tombol kiri dan kanan, toucpad pun punya tombol kiri dan kanan
pada bagian bawah nya tetapi doubel klik bisa dilakukan pada landasan touchpad
dengan cara mengetuknya dua kali. Mouse yang banyak beredar dipasaran pastinya
terdapat sebuah scroll yaitu sebuah roda yang berfungsi menggulung halaman
dilayar, ditouchpad pun ada fasilitas scroll tetapi tidak semua touchpad ada
fasilitas scroll tergantung pada pabrik pembuat.
f.
Wab Camera
Webcam adalah kamera kecil yang dapat dipasang pada bagian atas monitor
komputer dan dapat menangkap video serta gambar, kemudian langsung menyimpannya
dalam hard drive komputer kita.[10] yang dihubungkan kedalam komputer
melalui port USB atau port COM. Wabcam
biasanya dilengkapi dengan software yang dapat mengambil gambar dari
kamera digital secara terus menerus. Sebuah web
camera yang sederhana terdiri dari sebuah lensa standar, dipasang di sebuah
papan sirkuit untuk menangkap sinyal gambar; casing (cover), termasuk casing
depan dan casing samping untuk menutupi lensa standar dan memiliki sebuah
lubang lensa di casing depan yang berguna untuk memasukkan gambar; kabel
support, yang dibuat dari bahan yang fleksibel, salah satu ujungnya dihubungkan
dengan papan sirkuit dan ujung satu lagi memiliki connector, kabel ini
dikontrol untuk menyesuaikan ketinggian, arah dan sudut pandang web camera.
g. Kamera Digital
Kamera
digital dapat dikategorikan sebagai alat input. Sekarang kita dengan mudah
dapat memproses foto baik saat pengambilan gambar, pengeditan maupun pencetakanKamera digital adalah kamera yang tidak tergantung pada film negative
(klise).[11]
Pada kamera digital, peran film negative diambil oleh sebuah chip berebentuk
kartu kecil yang berfungsi untuk menyimpan hasil pemotretan.
h. Handycam
merupakan sebuah alat perekam , baik untuk merekam situasi kondisi, moment
dan lainnya. Hasil dari handycam adalah gambar bergerak juga ditambah hasil
suara (audio).
2. Central Processing Unit (CPU) atau Unit Pemroses
Utama
Bagian komputer yang merupakan pusat pemroses data
adalah CPU (Cenral Processing Unit). CPU merupakan bagian terpenting dari
sebuah komputer karena merupakan otak dari komputer tersebut.[12]
Bagian ini seolah-olah menjadi otak dari komputer. Disebut demikian karena di
dalam CPU inilah segala kegiatan proses dilaksanakan berdasarkan program. CPU dapat dibagi atas dua bagian , yaitu ;
Ø Unit
Hitung dan logika (Arithmatic and Logical Unit)
berfungsi melakukan
operasi matematik dan logika.
Ø Unit
Kontrol (Control Unit)
berfungsi mengontrol
kegiatan unit yang lain.
Komponen CPU terdiri atas :
v
Motherboard
Motherboard
adalah sebuah alat berupa papan elektronik yang di dalamnya terdapat banyak
sekali transistor, konduktor, resistor, dan alat-alat elektronik lainnya, tentu
saja dengan ukuran yang kecil-kecil.[13]
Alat ini menjadi penghubung dan penerjemah alat-alat komputer yang ada, dari
mulai alat input, proses, storage, sampai dengan output. Motherboard juga
dikenal dengan istilah mainboard, atau ada yang menyebut Mobo. Perusahaan
komputer terkemuka dunia yaitu Apple memiliki istilah sendiri yaitu Logic
Board.
v
Prossesor
Prosesor merupakan piranti komputer yang mampu
menerjemahkan segala instruksi yang dimasukkan oleh pengguna komputer[14]
yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas juga disebut “Microprosessor” yang sekarang
ukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz).
v
Memory
Memory
adalah perangkat yang berfungsi mengolah data atau menyimpan intruksi untuk
menjalankan oprasinya. Memori terdiri atas : [15]
1.
ROM (Read Only Memory)
ROM adalah memori yang hanya bisa dibaca saja.
Penulisan data ke dalam ROM dilakukan oleh pabrik pembuat komputer, sehingga
sifatnya permanen atau tetap ada meskipun aliran listrik terputus. Ada jenis
ROM yang tidak dapat dihapus datanya, tetapi ada juga ROM yang dapat dihapus
dengan menggunakan sinar ultraviolet.
2.
RAM
Merupakan
rangkaian IC (integrete circuit) yang
befungsi sebagai media simpan sementara
yang digunakan hanya saat computer menyala.
Dan RAM berguna untuk mempercepat proses kinerja computer. Memory bekerja
dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan
cepat untuk diolah menjadi informasi.Agar lebih mudah dipahami sebagai contoh,
saat anda membuka membuka sebuah aplikasi misalnya seperti microsoft atau
browser mozila firefox maka prosesor akan membuka
program atau aplikasi tersebut dari hardisk dan kemudian akan meload nya ke
memory atau RAM. begitulah kira kira pemahaman sederhana tentang fungsi memory
atau RAM.
Kamu juga bisa melihat berapa banyak memori yang dibutuhkan ketika menjalankan suatu aplikasi atau program. Caranya klik kanan pada panel bar desktop layar komputer kamu kemudian pilih Task Manager, atau melalui tombol CRTL + ALT + DEL pada keyboard.
Kamu juga bisa melihat berapa banyak memori yang dibutuhkan ketika menjalankan suatu aplikasi atau program. Caranya klik kanan pada panel bar desktop layar komputer kamu kemudian pilih Task Manager, atau melalui tombol CRTL + ALT + DEL pada keyboard.
a.
DRAM (extended data output dynamic
random access memory).
IBM menciptakan sebuah memory yang di namai
DRAM pada tahun 1970, DRAM sendiri merupakan singkatan dari Dynamic Random
Access Memory, DRAM mempunyai frekuensi kerja yang bervariasi, yaitu antara
4,77MHz hingga 40MHz.
b.
EDO RAM (Extended data out random
access memory).
DRAM (extended data
output dynamic random access memory) diciptakan pada tahun 1995. Memory ini merupakan penyempurnaan dari FPM, EDO dapat mempersingkat read
cycle-nya sehingga dapat meningkatkan kinerjanya sekitar 20 persen. EDO
mempunyai access time yang cukup bervariasi, yaitu sekitar 70ns hingga 50ns dan
bekerja pada frekuensi 33MHz hingga 75MHz. Walaupun EDO merupakan penyempurnaan
dari FPM, namun keduanya tidak dapat dipasang secara bersamaan, karena adanya perbedaan
kemampuan. Intel 486 dan kompatibelnya serta Pentium generasi awal adalah
sistem basis yang menggunakan EDO DRAM. Slot yang digunakan pada motherboard memiliki 72 pin.
c.
SDRAM (Synchronous Dynamic Random
Acceess Memory)
Kingston menciptakan
SDRAM pada peralihan tahun 1996-1997, modul ini dapat bekerja pada kecepatan
(frekuensi) bus yang sama / sinkron dengan frekuensi yang bekerja pada
prosessor. SDRAM ini kemudian lebih dikenal sebagai PC66 karena bekerja pada
frekuensi bus 66MHz. Berbeda dengan jenis memori sebelumnya yang membutuhkan
tegangan kerja yang lumayan tinggi, SDRAM hanya membutuhkan tegangan sebesar
3,3 volt dan mempunyai access time sebesar 10ns.Selang kurun waktu setahun
setelah PC66 diproduksi dan digunakan secara masal, Intel membuat standar baru
jenis memori yang merupakan pengembangan dari memori PC66. Dengan menggunakan
tegangan kerja sebesar 3,3 volt, memori PC100 mempunyai access time sebesar
8ns, lebih singkat dari PC66.
d.
DDR RAM ( Double Data Rate Random
Access Memory)
Pada tahun 2000, Crucial berhasil
mengembangkan kemampuan memory SDRAM menjadi 2 kali lipat. Teknik yang digunakan adalah dengan menggunakan secara penuh satu gelombang
frekuensi. Jika pada SDRAM biasa hanya melakukan instruksi pada gelombang
positif saja, maka DDR SDRAM menjalankan instruksi baik pada gelombang positif
maupun gelombang negatif. Oleh karena dari itu memori ini dinamakan DDR SDRAM
yang merupakan kependekan dari Double Data Rate Synchronous Dynamic Random
Access Memory. Dengan memori DDR SDRAM, sistem bus dengan frekuensi sebesar 100
– 133 MHz akan bekerja secara efektif pada frekuensi 200 – 266 MHz. DDR SDRAM
pertama kali digunakan pada kartu grafis AGP berkecepatan ultra. Sedangkan
penggunaan pada prosessor, AMD ThunderBird lah yang pertama kali
memanfaatkannya. Slot yang digunakan
pada motherboard memiliki 184 pin.
v
VGA
VGA( Video
Graphics Adapter) adalah mengubah sinyal digital pada komputer menjadi tampilan
grafik dilayar monitor
v
Sound
adalah
perangkat keras computer yang berfungsi untuk mengolah data berupa audio atau
suara.
3. Peralatan output.
Peralatan keluaran merupakan
alat-alat yang digunakan untuk mengeluarkan hasil pemrosesan dan pengolahan
komputer. [16]
a. Layar (Monitor/Screen).
Monitor berfungsi sebagai alat
keluaran saja, karena monitor hanya diguankan untuk menampilkan pesan dan data
hasil pengolahan. Layar monitor terdiri dari susunan berjuta-juta titik cahaya
(pixel). Intensitas cahaya dan warna setiap pixel dikendalikan oleh CPU. Pabrik
menyediakan monitor dari berbagai jenis. Dalam hal warna dikenal monitor warna
dan monitor satu warna (monocrom). Untuk monitor warna tersedia mulai dari
hanya 4 warna sampai ribuan warna dengan tingkat ketelitian gambar (resolusi)
yang berbeda-beda. Makin
tinggi resolusi layar, makin halus tampilannya.
Adapun jenis-jenis layar adalah sebagai berikut :
·
MDA dengan
hanya 2 warna
·
CGA dengan 16 warna
·
EGA dengan 64
warna
·
VGA dengan 256 warna
·
Super VGA: dengan 256 warna,
tetapi hanya lebih halus dan lebih jelas.
b. Printer.
Printer
berfungsi sebagai alat keluaran cetakan saja, karena printer hanya digunakan
untuk menrima data dari komputer. Data-data yang diterimanya akan diterjemahkan menjadi tulisan dan gambar
yang tercetak di kertas. Bila ditinjau dari cara printer mencetak pada kertas
maka dikenal jenis-jenis printer
1). Printer pukulan (impact)
dimana terdapat jarum-jarum yang meukul pita, misalnya printer dot.
2). Printer on impact yaitu
printer yang menggunakan sistem sinar laser, sistem semprot, dan lain-lain.
4. Peralatan Penyimpan Data[17]
Ketika kita mengetik naskah
(data), maka data tersebut akan disimpan pada Main Memory (RAM). Karena
kapasitas penyimpanan Main Memory yang ada pada komputer sangat terbatas, dan
sifat penyimpanannya sementara saja (tidak permanen), maka diperlukan peralatan
penyimpanan yang sifatnya permanen atau tetap. Peralatan penyimpanan tersebut
antara lain :
a. Peralatan Penyimpan Magnetik
1). Disket (Floppy Disk)
Floppy
Disk adalah alat untuk merekam informasi secara magnetik yang bersifat lentur,
dan berbentuk lingkaran serta datar. Disk ini dibagi dalam beberapa jalur
berbetnuk lingkaran sepusat. Jalur dibagi lagi dalam beberapa sektor. Disk
disegel dalam tutup pelimdung berbentuk bujur sangkar yang dilapisi bahan lunak
untuk membersihkan perpuatarannya. Tutup ini mempunyai beberapa bagian yang
terbuka dan celah-celah untuk menyesuaikannya pada disk drive. Disamping itu
disk juga dilengkapi dengan kemampuan pengaksesan data
Jenis-jenis disket ada beberapa
macam :
Berdasarkan ukurannya, disket
dibagi menjadi 2 yaitu :
a) Disket dengan ukuran 5 ¼ inchi
b) Disket dengan ukuran 3 ½
inchi.
Berdasarkan daya tampungnya,
disket dibagi menjadi 2 yaitu :
a) Disket HD (High Density)
b) Disket DD (Double Density)
2). Hard Disk
Hard disk
merupakan media penyimpanan yang berada di dalam CPU yangterbuat dari bahan
Alumunium yang dilapisi dengan magnet. Di dalamnya,terdapat piringan bulat,
tipis, dan bersusun yang berdiameter 5¼ inchi.[18]
Kapasitas Hard Disk sangat besar mulai dari 10 MB sampai dengan 1,2 GB atau
lebih besar lagi. Secara ekonomis hard disk memang lebih mahal dibanding
disket, namun keuntungannya proses pembacaan dan penulisan data jauh lebih
cepat dibandingkan dengan disket. Lebih-lebih saat ini makin banyak program yang membutuhkan cepat untuk
bekerja.
3.
Peralatan
Penyimpan Optik.
Peralatan
penyimpan optik ini juga berupa piringan (disc) dan sering disebut dengan CD
(Compact Disc). Alat ini bekerja menyimpan data dengan menggunakan bantuan
sinar laser. Sinar laser akan membaca dan menuliskan data pada piringan. Alat
untuk membaca CD disebut CD Drive.
Macam-macam CD (Compact Disc)
1) CD-ROM (Compact Disc Read Only Memory)
Data yang
ada pada CD-ROM hanya bisa dibaca saja tetapi tidak bisa ditulis. Dengan CD-ROM
hanya bisa untuk membaca tetapi tidak bisa untuk merekam data.
2) CD-R (Compact Disc Recordable).
CD-R adalah alat penyimpan yang
hanya bisa menyimpan data sekali saja, sehingga data yang sudah tersimpan tidak
bisa diubah lagi. CD-R biasa digunakan untuk menyimpan lagu, gambar dan sebagainya.
3) CD-RW (Compact Disc Rewritable).
CD-RW
adalah alat penyimpan yang bisa menyimpan data berkali-kali, dan yang telah ada
bisa diubah-uabh lagi. Fungsi CD-RW sama dengan disket, namun CD- RW mempunyai kapasitas yang
lebih besar dibanding disket.
4.
Peralatan
Penyimpan Elektronik.
Alat
penyimpan elektronik adalah suatu alat penyimpan yang mampu menyimpan data
secara elektronik. Cara kerjanya seperti kerja memori utama (RAM) yang membantu
CPU dalam mengolah data. Beberapa
contoh alat penyimpan jenis ini adalah USB Flash Disk, Smart Card, dan memory
Card.
a.
USB Flash Disk.
USB Flash Disk berbentuk seperti
pena, yang biasa dicolokkan pada komputer. Alat ini juga populer dengan nama
pen disk.
b.
Smart Card.
Contoh Smard Card
adalh kartu telepon prabayar. Dengan kartu ini, kita bisa berkomunikasi setelah memasukkann kartu yang
mengadnung chip tersebut ke dalam kotak telepon.
c.
Memory
Card (Kartu Memori).
Memory card biasa digunakan pada
perangkat komputer PDA atau kamera digital.
D. URGENSI ICT TERHADAP PENGEMBANGAN
PENDIDIKAN ISLAM
Dunia
ini setiap hari mengalami perubahan. Dunia tehmologi turut perberan aktif dalam
hal tersebut, perkembangannya sangat pesat seperti yang dapat kita rasakan pada
hari ini, contohnya dahulu jika kita
ingin berkomunikasi dengan orang lain yang jaraknya jauh kita harus susah payah
menulis surat dan mengirinya melalui kantor pos. Bila dibandingkan pasa saat
ini sangatlah berbeda jauh.
Seiring
perkembgangan zaman maka timbullah dampak negatif dan positif. Dari segi dampak
positif kita hatus pandai-pandai memanfaat untuk mengambangkan atau untuk
membantu kehidupan kita, lebih-lebih dalam bidang pendidikan kita. pengembangan pendidian Islam
sangatlah dipengaruhi oleh kemajuan tehnologi yang sedang berkembang pesat
seperti sekarang ini, dilihat dari sisi positif sangatlah banyak manfaat yang
bisa didapatkan dengan adanya sistem komputerisasi di sekolah-sekolah termasuk
sekolah berbasis pendidikan agama, baik itu ditinjau dari bagian kurikulum dan
pengajaran, ataupun ditinjau dari pengolahan data yang menyangkut tentang
segala macam data yang berhubungan dengan peserta didik.
Penerapan dan pengembangan kurikulum berbasis ICT adalah salah satu langkah
strategis dalam menyongsong masa depan pendidikan Indonesia. Salah satu
contohnya dalam proses belajar mengajar ICT dapat digunakan sebagai media
pembelajaran seperti penggunaan video, power point, flas dan lain-lain. ICT bisa menjadi media yang sangat tepat dalam
menyalurkan pesan yang mendorong terciptanya belajar mengajar siswa, termasuk
didalamnya pesan-pesan yang disampaikan dalam pembelajaran Pendidikan Agama
Islam.
Dalam
intruksinonal sekolah ICT sangat membatu dalam pengerjaan administrsi sekolah
yang dilakukan oleh pegawai tata usaha (TU). Dengan ada software yang sangat
membatu dalam pengerjaan dan bahkan dapat mempermudah pengerjaan meraka,
misalnya MS. Word, MS. Execel, Photo shop dan lain-lain dan dapat disimapan bentuk file
bukan lembaran. sehingga tidak banyak membutuhkan tempat untuk
penyimpanan data tersebut, begitu juga dengan cara pengolahan nilai, cara
pengolahan nilai sebelum adanya sistem komputer dilaksanakan secara manual
sehingga waktu pengerjaannya sangat lama dan banyak menghabiskan waktu,
sehingga tidak efisien.
KESIMPULAN
1. Teknologi pendidikan adalah pemikiran sistematis tentang pendidikan,
penerapan metode problem solving dalam pendidikan yang dilakukan dengan
menggunakan hal-hal yang terkait dengan software ( perangkat lunak ) dan
hardware ( perangkat keras ).
2. Dalam pengembangan pendidikan agama Islam sangat perlu dilakukan dan
dikuasai meskipun terdapat beberapa faktor penghambat baik eksternal maupun
internal namun hal itu bisa diminimalisir dengan cara pemberian pelatihan pada
guru terkait aplikasi ICT dalam pembelajaran. Jika hal itu masih belum maksimal
maka perlu dibentuk study group untuk transformasi pengetahuan ICT dimana
setiap guru yang mahir menjadi tutor / trainer of ICT bagi grupnya.
3. Hardware ICT Dalam bahasa Indonesia disebut juga dengan nama
perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang secara
fisik dapat dijamah, dilihat dan dipindahkan
oleh manusia secara langsung atau yang berbentuk nyata Hardware dapat bekerja
berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut
dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat
dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan
berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah. Hardware adalah unsur penyusun computer yang dapat kita sentuh karena
merupakan peralatan yang berupa fisik yaitu alat elektronik dan mekanik.
4.
Hardware ICT terdiri atas perangkat
keras komputer dibagi menjadi :
Ø Input divice (unit masukan)
Ø Process device (unit Pemrosesan)
Ø Output device (unit keluaran)
Ø Backing
Storage ( unit penyimpanan)
Dari
keemapat komponen tersbut saling berhubungan erat
dan saling mendukung satu sama lain
DAFTAR PUSTAKA
Allens, Nancy, A Planning Guide
Information and Communication Technologies in Teacher Education , Paris,
Place de fontenoy, 2005.
Azra, Azyumardi, Pendidikan
Islam, Jakarta, Prenada Media Group, 2012.
Beswick, norman, Commision on
Instructional Technology Resource-Based Learning, Virginia, 1997.
Departemen Pendidikan
Nasional, Blue Print TIK untuk Pendidikan, Jakarta, Depdiknas, 2005.
Kusnandar, Ade, TIK
untuk Pembelajaran, Jakarta, pustekom depdiknas, 2008.
Kholilurrohman,
“manfaat ICT dalam pembelajaran PAI”, dalam mediadanalatperagapaismadan
smk.blogspot.com
Moore, Peter, Environment of E-Learning,
UNESCO, 2003
Nasution, Teknologi
Pendidikan, Jakarta, Bumi Aksara,1994.
Soeharto, Karti, Teknologi
Pembelajaran, Pendekatan Sistem Konsepsi da Model, SAP, Evaluasi, Sumber
Belajar dan Media, Surabaya, SIC, 2003.