Nama
Mufassir
Pengarangnya adalah Abu Muhammad, Abdul Haq bin Ghalib bin ‘Athiyyah
al-Andalusi, al-Hafizh, al-Qadhi, al-‘Allamah.
Nama Kitab
Ia menamakan kitab tafsirnya‘al-Wajiz Fi Tafsir al-Kitab al-‘Aziz’.’
Spesifikasi Umum Kitab
Pengarang meringkasnya dari semua kitab-kitab tafsir (yakni Tafsir al-Manqul)
dan selalu mencari yang lebih dekat kepada keshahihan dari kitab-kitab
tersebut, menafsirkan ayat dengan gaya bahasa yang manis dan mudah serta banyak
sekali menukil dari Ibn Jarir (ath-Thabari).
Aqidahnya
Beliau seorang Mu’awwil Asy’ari (suka menakwil ayat, berpaham Asyariah),
membela takwil yang dilakukan Imam al-Asy’ari dan berargumentasi dengannya.
Syaikhul Islam, Ibn Taimiyah mengomentari mengenainya, “Tafsir Ibn ‘Athiyyah
dan semisalnya lebih mengikuti as-Sunnah dan al-Jamaah serta lebih selamat dari
bid’ah ketimbang tafsir az-Zamakhsyari. Andaikata ia menyebutkan ucapan para
ulama Salaf yang terdapat di dalam tafsir-tafsir bil Ma’tsur dengan semestinya
tentu lebih baik dan bagus, sebab banyak sekali ia menukil dari tafsir Muhammad
bin Jarir ath-Thabari -yang merupakan kitab tafsir bil Ma’tsur paling agung dan
paling berkualitas-. Hanya saja, kemudian ia meninggalkan nukilan Ibn Jarir
dari ulama Salaf, tidak meriwayatkannya sama sekali! Lalu menyebutkan apa yang
diklaimnya sebagai ucapan Muhaqqiqin (ulama peneliti). Yang dimaksudnya
mengenai mereka itu adalah kelompok Ahli Kalam yang menetapkan pokok-pokok
pemikiran mereka dengan cara yang sejenis dengan penetapan ala kaum Mu’tazilah
terhadap pokok-pokok pemikiran mereka. Sekali pun, mereka lebih dekat kepada
as-Sunnah ketimbang Mu’tazilah. ” (Muqaddimah Fi Ushul at-Tafsir, hal.90)
Sikapnya Terhadap Hadits Dan Sanad
Beliau mengetengahkan perkataan-perkatan yang Ma’tsur tanpa menyebutkan
sanad-sanadnya, dan memilih darinya dengan tanpa memperbanyaknya, terkadang
melemahkan sebagiannya.
Sikapnya
Terhadap Hukum-Hukum Fiqih
Beliau menyebutkan pendapat-pendapat ulama fiqih dari kalangan Salaf dalam
masalah fiqih, mengarahkannya dan memilih darinya apa yang menurut pandangannya
benar, menguatkannya dengan tanpa memperpanjang lebar atau mengurangi. Beliau
juga menyebut ijma’ ulama dalam hal itu, bila ada.
Sikapnya Terhadap Qira’at
Beliau banyak sekali membahas mengenai Qira’at dan berdasarkannya, ia
menurunkan makna-makna yang beragam.
Sikapnya Terhadap Israiliyyat
Beliau menukil sebagian Isra’iliyyat dari Wahb bin Munabbih dan as-Suddi, lalu
menanggapi sebagiannya dengan melemahkannya.
Sikapnya Terhadap Sya’ir, Nahwu Dan
Bahasa
Beliau termasuk ahli Nahwu yang amat kompeten, selalu merujuk kepada bahasa
Arab ketika mengarahkan sebagian makna. Beliau sangat memperhatikan
produk-produk Nahwu, penyebutan Syawahid Adabiyyah (pendukung-pendukung yang
diambil dari bait-bait syair/sastra) untuk ungkapan-ungkapan tertentu.
Isi
Kitab
Dalam kajian kitab Tafsir Al Muharrar
Al Wajiz terdiri dari 17 Juz dapat dikelompokkan sebagai berikut:
JUZ
|
AWAL
PEMBAHASAN
|
AKHIR
PEMBAHASAN
|
1
|
Mukaddimah Mushannif
|
ومن اظلم ممن كتم
شهادة عنده من الله
|
2
|
تسفيه قول اللذين
اعترضوا على تحويل القبلة
|
لايكلف الله نفسا
الا وسعها
|
3
|
تفسير سورة أل
عمران
|
ختم سورة ال
عمران
|
4
|
تفسير سورة
النساء
|
يستفتونك قل الله
يفتيكم فى الكلالة
|
5
|
تفسير سورة
المائدة
|
خواتم سورة
المائدة
|
6
|
تفسير سورة
الأنعام
|
قل اغير الله
آبغى ربا وهو رب كل شئ ولاتكسب كل نفس الا عليها
|
7
|
المص كتاب آنزل
اليك
|
وإذا قرئ القرأن
فاستمعوا له وانصتوا لعلكم ترحمون
|
8
|
يسئلونك عن
الانفال
|
واذاماآنزلت سورة
نضر بعضم الى بعض هل يراكم من آحد ثم انصرفوا
|
9
|
الر تلك ايات
الكتاب الحكيم
|
لقد كان فى قصصهم
عبرة لأولى الألباب
|
10
|
سورة الرعد
|
ان اللذين امنوا
وعملوا الصالحات
|
11
|
سورة مريم
|
لاتجعلوا دعاء
الرسول بينكم كدعاء بعضكم بعضا
|
12
|
سورة الفرقان
|
فيومئذلاتنفع
الذين ظلموا معذرتهم ولاهم يستعتبون
|
13
|
تفسير سورة لقمان
|
فكفروا به فسوف
يعلمون
|
14
|
تفسير سورة ص
|
وقيل اليوم
ننسيكم كما نسيتم لقاء يومكم هذا
|
15
|
تفسير سورة
الاحقف
|
وآخرى تحبونها
نصر من الله وفتح قريب وبشر المومنين
|
16
|
يسبح لله ما فى السموات
وما فى الارض
|
قل آعوذ برب
الناس
|