Perangkat Hardware Ict

PENDAHULUAN

Kalau kita pehatikan pada bagian awal buku kurikulum PAI (pendidikan agama islam) baik itu tingkat SD/MI, SMP/ MTs, maupun SMA/MA, selalu mencantumkan tujuan pendidikan agama islam, yaitu meningkatkan keimanan, pemahaman, penghayatan dan pengalaman siswa tentang agama islam, sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Untuk menanamkan dasar-dasar keimanan tersesbut dikembangkan ruang lingkup PAI yang meliputi keselarasan, keserasian dan keseimbangan hubungan manusia antar sesama, alam dan lain sebagainya. Maka meteri PAI dikelompokkan menjadi 7 unsur pokok yaitu keimanan, ibadah, al Qur`an, akhlak syari`ah muamalah dan tarikh. Selanjutnya materi-materi tersebut dikembangkan dalam proses belajar mmengajar yang menitikberatkan pada Tiga aspek yaitu, kognitif, afektif,  dan psikomotorik.
Berdasarkan pengamatan yang dilakukan selama ini menunjukan bahwa sebagaian besar proses belajar mengajar PAI hanya perbutar itu saja, sehingga menimbulkan kesan monoton dan membosankan. Ditambah lagi Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam selama ini masih konvensional dan keterbatasan sumber belajar membawa dampak pada kurangnya pemahaman dan pengamalan siswa terhadap materi pelajaran Pendidikan Agama Islam. Faktor sarana dan prasarana yang belum memadai, sumber daya manusia yang belum memadai dan masih terbatas dan juga kurikulum yang belum siap untuk menyongsong masa yang akan datang.  Penerapan dan pengembangan kurikulum berbasis ICT adalah salah satu langkah strategis dalam menyongsong masa depan pendidikan Indonesia. Hal ini sesuai dengan kebijakan yang ada dalam Rencana Strategis Departemen Pendidikan Nasional 2005-2009. Kurikulum masa depan bukan sekedar mengikuti Tren Global melainkan merupakan suatu langka strategis didalam upaya meningkatkan akses dan mutu layanan pendidikan kepada masyarakat[1].
Sebelum penerapan dan pengambangan kurikulum berbasis ICT benar-benar didilaksanakan, setidaknya kita harus mengetahui apa itu ICT beserta komponen-komponennya agar kita lebih maksimal dalam penerapan kurikulum berbasis ICT. Melihat pentinng hal tersebut, maka pemakalah mencoba menulis dan menjelaskan hardware dan komponen ICT.


PEMBAHASAN
A.  Pengertian Perangkat Hardware ICT
Dahulu, manusia mengirimkan surat menggunakan burung merpati sebagai media pengirimnya. Berkat kecerdasan manusia yang merupakan anugerah dari Tuhan, manusia mengembangkan teknologi yang mempermudah pengiriman surat. E-mail merupakan contoh pengiriman surat melalui media jaringan komputer. Pengiriman surat melalui e-mail dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Sarana ini merupakan salah satu bentuk pengembangan dari teknologi informasi dan komunikasi. Isi surat e-mail adalah pengembangan teknologi informasi, sedangkan jaringan komputer adalah teknologi komunikasi. Apa itu teknologi informasi dan komunikasi? Sebelum menjelaskan hal itu, kita pelajari dahulu pengertian informasi dan komunikasi.
Informasi merupakan kumpulan data yang saling terkait dan telah diproses secara kompleks.[2] Dengan kata lain, informasi merupakan hasil dari sebuah data yang telah diproses. Data-data yang tercatat dan saling terkait  dikumpulkan, kemudian diolah atau diproses sehingga menghasilkan informasi yang tepat dan akurat. Selanjutnya, informasi menjadi data yang akan diolah dan akan menjadi informasi yang lainnya. Apabila digambarkan dalam bentuk diagram, siklus pembentukan informasi
Komunikasi merupakan suatu proses penyampaian informasi berupa pesan, ide, atau gagasan dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling memengaruhi di antara keduanya. Ada dua jenis komunikasi, yaitu komunikasi verbal dan nonverbal. Komunikasi verbal adalah komunikasi menggunakan kata- kata, baik berupa lisan atau tulisan. Komunikasi nonverbal merupakan pengganti ataupun pendukung dari komunikasi verbal. Contoh dari komunikasi nonverbal adalah gerakan badan yang menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, atau mengangkat bahu.
Komunikasi harus memenuhi beberapa komponen agar komunikasi berlangsung dengan baik. Menurut Laswell, komponen-komponen komunikasi adalah sebagai berikut:
• Pengirim atau komunikator (sender) adalah pihak yang mengirimkan pesan kepada pihak lain, yaitu komunikan.
• Pesan (message) adalah isi atau maksud yang akan disampaikan oleh komunikator kepada komunikan.
• Saluran (channel) adalah media yang digunakan komunikator untuk mengirimkan pesannya kepada komunikan. Dalam komunikasi atau percakapan antarpribadi secara langsung (tatap muka), saluran dapat berupa udara yang mengalirkan getaran nada/suara.
• Penerima atau komunikan (receiver) adalah pihak yang menerima pesan dari pihak lain.
• Umpan balik (feedback) adalah tanggapan dari komunikan pesan atas isi pesan yang disampaikan.[3]
Teknologi Informasi dan Komunikasi yang sering disingkat TIK merupakan istilah dari bahasa Inggris, yaitu ICT (Information and Communication Technology). Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses manipulasi data dan pengelolaan informasi. Teknologi komunikasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses penyampaian atau pengiriman informasi dari pengirim ke penerima. Dari pengertian teknologi informasi dan teknologi komunikasi, kedua teknologi tersebut merupakan teknologi padanan tak terpisahkan, artinya kedua teknologi itu saling berkaitan erat satu sama lain. Teknologi informasi dan komunikasi merupakan segala bentuk kegiatan yang terkait dengan proses manipulasi, pengelolaan, dan pemindahan informasi dari pengirim ke penerima.
Pengetahuan tentang TIK membantu kita agar mengenal, menggunakan, dan merawat peralatan-peralatan yang berhubungan dengan TIK. Selain itu, kita juga harus mengembangkan potensi kita untuk mengembangkan TIK yang sudah ada sekarang. Dengan TIK, kualitas kehidupan manusia di berbagai bidang menjadi meningkat.
Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) atau information communication and technology (ICT) di era globalisasi saat ini sudah menjadi kebutuhan yang mendasar dalam mendukung efektifitas dan kualitas proses pendidikan. UNESCO (2003) mendefenisikan “ ICT generally relates to those technologies that are used for accessing, gathering manipulating and presenting or communicating information. The technologies could include hardware computer and others devices, software applications, and connectively, access to the internet, local networking infrastructure and video conferencing”. Berdasarkan konseptual tersebut, peran TIK sebagai alat untuk memungkinkan terjadinya proses pendidikan dan pembelajaran yang efektif dan efesien.
ICT (Information and Communication Technology) di Indonesia dikenal sebagai TIK (tehnologi Informatika). Teknologi Informatika adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan,memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, pendidikan, bisnis, dan pemerintahan yang merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.
Hardware ICT Dalam  bahasa Indonesia disebut juga dengan nama perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang secara fisik dapat dijamah, dilihat dan dipindahkan  oleh manusia secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung  proses komputerisasi. Hardware atau perangkat merupakan satu komponen penting pada sebuah komputer. Komputer terdiri atas tiga perangkat penyusun yang saling berhubungan erat dan saling mendukung satu sama lain serta saling mempengaruhi.
Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah. Hardware adalah unsur penyusun computer yang dapat kita sentuh karena merupakan peralatan yang berupa fisik yaitu alat elektronik dan mekanik.
B. Hardware ICT
Sesuai dengan namanya, perangkat keras atau  hardware adalah perangkat komputer yang dapat kita lihat dengan mata kita (berwujud). Berdasarkan fungsinya, perangkat keras ini dikategorikan menjadi tiga jenis, yaitu peralatan masukan (input device), peralatan proses, dan peralatan keluaran (output device).[4] Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya proses-proses yang ada komputer dengan baik.
Lebih jelasnya akan dijelaskan penulis satu persatu sebagai berikut
1.      Input divice (unit masukan)
Input divice (unit masukan) adalah Peralatan masukan adalah peralatan yang berfungsi untuk menerima dan yang diberikan oleh manusia atau perlatan lainnya dan mengirimkan data tersebut dalam bentuk digital kepada komputer. Input divice (unit masukan) ini terdiri dari :
a.       Mouse
      Mouse atau tetikus adalah suatu alat mpenggerak kursor pada sistem operasi berbasis grafik atau GUI (graphical user interface).[5]  Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.  sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser.
b.      Keyboard
Keyboard merupakan alat untuk memasukkan data maupun perintah ke CPU, biasanya berupa rangkaian huruf,  angka, dan tombol fungsi lainnya. Keyboard  berasal dari bahasa Inggris yang artinya papan ketik.[6]  Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.[7]
 Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1. typewriter key
2. numeric key
3. function key
4. special function key.
1.      Typewriter Key
Tombol ini merupakan tombol utama dalam input. Tombol ini sama dengan tuts pada mesin tik yang terdiri atas alphabet dan tombol lainnya sebagaimana berikut :
v  Back Space;Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 character di kiri cursor
v  Caps Lock;Bila tombol ini ditekan, maka lampu indikator caps lock akan menyala, hal ini menunjukkan bahwa huruf yang diketik akan menjadi huruf besar atau Kapital, bila lampu indicator caps lock mati, maka huruf akan menjadi kecil.
v  Delete;Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 karakter pada posisi cursor
v  Esc;Tombol ini berfungsi untuk membatalkan suatu perintah dari suatu menu.
v  End;Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor ke akhir baris/halaman/lembar kerja
v  Enter;Tombol ini berfungsi untuk berpindah ke baris baru atau untuk melakukan suatu proses perintah.
v  Home;Untuk menuju ke awal baris atau ke sudut kiri atas layar
v  Insert;Tombol ini berfungsi untuk menyisipkan character.
v  Page Up;Tombol ini berfungsi untuk meggerakan cursor 1 layar ke atas
v  Page Down;Tombol ini berfungsi untuk Menggerakkan cursor 1 layar ke bawah
v  Tab;Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor 1 tabulasi ke kanan.
2. Numeric Key
Tombol ini terletak di sebelah kanan keyboard. tombol ini terdiri atas angka dan arrow key. Jika lampu indikator num lock menyala maka tombol ini berfungsi sebagai angka. Jika lampu indikator num lock mati maka tombol ini berfungsi sebagai arrow key.

3. Function Key
Tombol ini terletak pada baris paling atas, tombol fungsi ini ini terdiri dari F1 s/d F12. Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari program komputer yang digunakan.
4. Special Function Key
Tombol ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt. Tombol akan mempunyai fungsi bila ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya. Misalnya, untuk memblok menekan bersamaan tombol shift dan arrow key, untuk menggerakan kursor menekan bersamaan ctrl dan arrow key.
c.       Joystick
Alat ini merupakan perangkat tambahan untuk permainan atau game.[8] Sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer. Alat ini umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol.
d.      Scanner
Scanner merupakan alat bantu untuk memasukkan data berupa gambar atau grafik dan mengubahnya ke dalam bentuk digital sehingga dapat diproses dan digabungkan dengan bentuk data yang berupa teks.[9] Yang mana pindai adalah melihat dengan teliti dan seksama, dan pemindai adalah alat yang dapat membaca data dengan teliti dan seksama. Scanner adalah alat yang dapat digunakan untuk mengimport gambar kedalam computer.
Berdasarkakn cara kerja scanner dibedakan menjadi dua:
·         Scanner ADF (automatic document feeder)
·         Scanner fletbad
e.       Touchpac
Touchpac adalah pad kecil  yang dibuat dari bahan yang sensitif terhadap sentuhan atau tekanan . Fungsi Touchpac sama dengan mouse karena memiliki bagian sensor petunjuk  (krusor) dan untuk mengeklik.  Biasa touchpac terdapat pada notebook dan HP touckrin.
Tujuan diciptakannya touchpad adalah menyimpel-kan pemakaian mouse, yang dulunya pemakaian mouse memerlukan yang cukup luas, serta diperlukan alas yang rata. Dengan adanya touchpad user masih dapat menggunakan komputer (notebook/netbook) dimana saja walaupun di tempat yang sempit pula. Seperti halnya dengan mouse yang mempunyai tombol kiri dan kanan, toucpad pun punya tombol kiri dan kanan pada bagian bawah nya tetapi doubel klik bisa dilakukan pada landasan touchpad dengan cara mengetuknya dua kali. Mouse yang banyak beredar dipasaran pastinya terdapat sebuah scroll yaitu sebuah roda yang berfungsi menggulung halaman dilayar, ditouchpad pun ada fasilitas scroll tetapi tidak semua touchpad ada fasilitas scroll tergantung pada pabrik pembuat.
f.        Wab Camera
Webcam adalah kamera kecil yang dapat dipasang pada bagian atas monitor komputer dan dapat menangkap video serta gambar, kemudian langsung menyimpannya dalam hard drive komputer kita.[10] yang dihubungkan kedalam komputer melalui port USB atau port COM. Wabcam  biasanya dilengkapi dengan software yang dapat mengambil gambar dari kamera digital secara terus menerus. Sebuah web camera yang sederhana terdiri dari sebuah lensa standar, dipasang di sebuah papan sirkuit untuk menangkap sinyal gambar; casing (cover), termasuk casing depan dan casing samping untuk menutupi lensa standar dan memiliki sebuah lubang lensa di casing depan yang berguna untuk memasukkan gambar; kabel support, yang dibuat dari bahan yang fleksibel, salah satu ujungnya dihubungkan dengan papan sirkuit dan ujung satu lagi memiliki connector, kabel ini dikontrol untuk menyesuaikan ketinggian, arah dan sudut pandang web camera.
g.      Kamera Digital
Kamera digital dapat dikategorikan sebagai alat input. Sekarang kita dengan mudah dapat memproses foto baik saat pengambilan gambar, pengeditan maupun pencetakanKamera digital adalah kamera yang tidak tergantung pada film negative (klise).[11] Pada kamera digital, peran film negative diambil oleh sebuah chip berebentuk kartu kecil yang berfungsi untuk menyimpan hasil pemotretan.
h.      Handycam
merupakan sebuah alat perekam , baik untuk merekam situasi kondisi, moment dan lainnya. Hasil dari handycam adalah gambar bergerak juga ditambah hasil suara (audio).
2. Central Processing Unit (CPU) atau Unit Pemroses Utama
Bagian komputer yang merupakan pusat pemroses data adalah CPU (Cenral Processing Unit). CPU merupakan bagian terpenting dari sebuah komputer karena merupakan otak dari komputer tersebut.[12] Bagian ini seolah-olah menjadi otak dari komputer. Disebut demikian karena di dalam CPU inilah segala kegiatan proses dilaksanakan berdasarkan program. CPU dapat dibagi atas dua bagian , yaitu ;
Ø  Unit Hitung dan logika (Arithmatic and Logical Unit)
berfungsi melakukan operasi matematik dan logika.
Ø  Unit Kontrol (Control Unit)
berfungsi mengontrol kegiatan unit yang lain.
Komponen CPU terdiri atas :
v   Motherboard
Motherboard adalah sebuah alat berupa papan elektronik yang di dalamnya terdapat banyak sekali transistor, konduktor, resistor, dan alat-alat elektronik lainnya, tentu saja dengan ukuran yang kecil-kecil.[13] Alat ini menjadi penghubung dan penerjemah alat-alat komputer yang ada, dari mulai alat input, proses, storage, sampai dengan output. Motherboard juga dikenal dengan istilah mainboard, atau ada yang menyebut Mobo. Perusahaan komputer terkemuka dunia yaitu Apple memiliki istilah sendiri yaitu Logic Board.
v   Prossesor
Prosesor merupakan piranti komputer yang mampu menerjemahkan segala instruksi yang dimasukkan oleh pengguna komputer[14] yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas  juga disebut “Microprosessor” yang sekarang ukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz).
v   Memory
Memory adalah perangkat yang berfungsi mengolah data atau menyimpan intruksi untuk menjalankan oprasinya. Memori terdiri atas : [15]
1.      ROM (Read Only Memory)
ROM adalah memori yang hanya bisa dibaca saja. Penulisan data ke dalam ROM dilakukan oleh pabrik pembuat komputer, sehingga sifatnya permanen atau tetap ada meskipun aliran listrik terputus. Ada jenis ROM yang tidak dapat dihapus datanya, tetapi ada juga ROM yang dapat dihapus dengan menggunakan sinar ultraviolet.
2.        RAM 
Merupakan rangkaian  IC (integrete circuit) yang befungsi  sebagai media simpan sementara yang digunakan hanya saat computer menyala.  Dan RAM berguna untuk mempercepat proses kinerja computer. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi.Agar lebih mudah dipahami sebagai contoh, saat anda membuka membuka sebuah aplikasi misalnya seperti microsoft atau browser mozila firefox maka prosesor akan membuka program atau aplikasi tersebut dari hardisk dan kemudian akan meload nya ke memory atau RAM. begitulah kira kira pemahaman sederhana tentang fungsi memory atau RAM.
Kamu juga bisa melihat berapa banyak memori yang dibutuhkan ketika menjalankan suatu aplikasi atau program. Caranya klik kanan pada panel bar desktop layar komputer kamu kemudian pilih Task Manager, atau melalui tombol CRTL + ALT + DEL pada keyboard.
a.    DRAM (extended data output dynamic random access memory).
IBM menciptakan sebuah memory yang di namai DRAM pada tahun 1970, DRAM sendiri merupakan singkatan dari Dynamic Random Access Memory, DRAM mempunyai frekuensi kerja yang bervariasi, yaitu antara 4,77MHz hingga 40MHz.
b.    EDO RAM (Extended data out random access memory).
DRAM (extended data output dynamic random access memory) diciptakan pada tahun 1995. Memory ini merupakan penyempurnaan dari FPM, EDO dapat mempersingkat read cycle-nya sehingga dapat meningkatkan kinerjanya sekitar 20 persen. EDO mempunyai access time yang cukup bervariasi, yaitu sekitar 70ns hingga 50ns dan bekerja pada frekuensi 33MHz hingga 75MHz. Walaupun EDO merupakan penyempurnaan dari FPM, namun keduanya tidak dapat dipasang secara bersamaan, karena adanya perbedaan kemampuan. Intel 486 dan kompatibelnya serta Pentium generasi awal adalah sistem basis yang menggunakan EDO DRAM. Slot yang digunakan pada motherboard memiliki 72 pin.
c.    SDRAM (Synchronous Dynamic Random Acceess Memory)
Kingston menciptakan SDRAM pada peralihan tahun 1996-1997, modul ini dapat bekerja pada kecepatan (frekuensi) bus yang sama / sinkron dengan frekuensi yang bekerja pada prosessor. SDRAM ini kemudian lebih dikenal sebagai PC66 karena bekerja pada frekuensi bus 66MHz. Berbeda dengan jenis memori sebelumnya yang membutuhkan tegangan kerja yang lumayan tinggi, SDRAM hanya membutuhkan tegangan sebesar 3,3 volt dan mempunyai access time sebesar 10ns.Selang kurun waktu setahun setelah PC66 diproduksi dan digunakan secara masal, Intel membuat standar baru jenis memori yang merupakan pengembangan dari memori PC66. Dengan menggunakan tegangan kerja sebesar 3,3 volt, memori PC100 mempunyai access time sebesar 8ns, lebih singkat dari PC66.
d.    DDR RAM ( Double Data Rate Random Access Memory)
Pada tahun 2000, Crucial berhasil mengembangkan kemampuan memory SDRAM menjadi 2 kali lipat. Teknik yang digunakan adalah dengan menggunakan secara penuh satu gelombang frekuensi. Jika pada SDRAM biasa hanya melakukan instruksi pada gelombang positif saja, maka DDR SDRAM menjalankan instruksi baik pada gelombang positif maupun gelombang negatif. Oleh karena dari itu memori ini dinamakan DDR SDRAM yang merupakan kependekan dari Double Data Rate Synchronous Dynamic Random Access Memory. Dengan memori DDR SDRAM, sistem bus dengan frekuensi sebesar 100 – 133 MHz akan bekerja secara efektif pada frekuensi 200 – 266 MHz. DDR SDRAM pertama kali digunakan pada kartu grafis AGP berkecepatan ultra. Sedangkan penggunaan pada prosessor, AMD ThunderBird lah yang pertama kali memanfaatkannya. Slot yang digunakan pada motherboard memiliki 184 pin.
v   VGA
VGA( Video Graphics Adapter) adalah mengubah sinyal digital pada komputer menjadi tampilan grafik dilayar monitor 
v   Sound
adalah perangkat keras computer yang berfungsi untuk mengolah data berupa audio atau suara.
3. Peralatan output.
Peralatan keluaran merupakan alat-alat yang digunakan untuk mengeluarkan hasil pemrosesan dan pengolahan komputer. [16]
a. Layar (Monitor/Screen).
Monitor berfungsi sebagai alat keluaran saja, karena monitor hanya diguankan untuk menampilkan pesan dan data hasil pengolahan. Layar monitor terdiri dari susunan berjuta-juta titik cahaya (pixel). Intensitas cahaya dan warna setiap pixel dikendalikan oleh CPU. Pabrik menyediakan monitor dari berbagai jenis. Dalam hal warna dikenal monitor warna dan monitor satu warna (monocrom). Untuk monitor warna tersedia mulai dari hanya 4 warna sampai ribuan warna dengan tingkat ketelitian gambar (resolusi) yang berbeda-beda. Makin tinggi resolusi layar, makin halus tampilannya.
Adapun jenis-jenis layar adalah sebagai berikut :
·         MDA  dengan hanya 2 warna
·         CGA  dengan 16 warna
·         EGA  dengan 64 warna
·         VGA dengan 256 warna
·         Super VGA: dengan 256 warna, tetapi hanya lebih  halus dan lebih jelas.
b. Printer.
Printer berfungsi sebagai alat keluaran cetakan saja, karena printer hanya digunakan untuk menrima data dari komputer.  Data-data yang diterimanya akan diterjemahkan menjadi tulisan dan gambar yang tercetak di kertas. Bila ditinjau dari cara printer mencetak pada kertas maka dikenal jenis-jenis printer
1). Printer pukulan (impact) dimana terdapat jarum-jarum yang meukul pita, misalnya printer dot.
2). Printer on impact yaitu printer yang menggunakan sistem sinar laser, sistem semprot, dan lain-lain.
4. Peralatan Penyimpan Data[17]
Ketika kita mengetik naskah (data), maka data tersebut akan disimpan pada Main Memory (RAM). Karena kapasitas penyimpanan Main Memory yang ada pada komputer sangat terbatas, dan sifat penyimpanannya sementara saja (tidak permanen), maka diperlukan peralatan penyimpanan yang sifatnya permanen atau tetap.  Peralatan penyimpanan tersebut antara lain :

a. Peralatan Penyimpan Magnetik
1). Disket (Floppy Disk)
Floppy Disk adalah alat untuk merekam informasi secara magnetik yang bersifat lentur, dan berbentuk lingkaran serta datar. Disk ini dibagi dalam beberapa jalur berbetnuk lingkaran sepusat. Jalur dibagi lagi dalam beberapa sektor. Disk disegel dalam tutup pelimdung berbentuk bujur sangkar yang dilapisi bahan lunak untuk membersihkan perpuatarannya. Tutup ini mempunyai beberapa bagian yang terbuka dan celah-celah untuk menyesuaikannya pada disk drive. Disamping itu disk juga dilengkapi dengan kemampuan pengaksesan data
Jenis-jenis disket ada beberapa macam :
Berdasarkan ukurannya, disket dibagi menjadi 2 yaitu :
a) Disket dengan ukuran 5 ¼ inchi
b) Disket dengan ukuran 3 ½ inchi.
Berdasarkan daya tampungnya, disket dibagi menjadi 2 yaitu :
a) Disket HD (High Density)
b) Disket DD (Double Density)
2). Hard Disk
Hard disk merupakan media penyimpanan yang berada di dalam CPU yangterbuat dari bahan Alumunium yang dilapisi dengan magnet. Di dalamnya,terdapat piringan bulat, tipis, dan bersusun yang berdiameter 5¼ inchi.[18] Kapasitas Hard Disk sangat besar mulai dari 10 MB sampai dengan 1,2 GB atau lebih besar lagi. Secara ekonomis hard disk memang lebih mahal dibanding disket, namun keuntungannya proses pembacaan dan penulisan data jauh lebih cepat dibandingkan dengan disket. Lebih-lebih saat ini makin banyak program yang membutuhkan cepat untuk bekerja.
3.              Peralatan Penyimpan Optik.
Peralatan penyimpan optik ini juga berupa piringan (disc) dan sering disebut dengan CD (Compact Disc). Alat ini bekerja menyimpan data dengan menggunakan bantuan sinar laser. Sinar laser akan membaca dan menuliskan data pada piringan. Alat untuk membaca CD disebut CD Drive.
Macam-macam CD (Compact Disc)
1) CD-ROM (Compact Disc Read Only Memory)
Data yang ada pada CD-ROM hanya bisa dibaca saja tetapi tidak bisa ditulis. Dengan CD-ROM hanya bisa untuk membaca tetapi tidak bisa untuk merekam data.
2) CD-R (Compact Disc Recordable).
CD-R adalah alat penyimpan yang hanya bisa menyimpan data sekali saja, sehingga data yang sudah tersimpan tidak bisa diubah lagi. CD-R biasa digunakan untuk menyimpan lagu, gambar dan sebagainya.
3) CD-RW (Compact Disc Rewritable).
CD-RW adalah alat penyimpan yang bisa menyimpan data berkali-kali, dan yang telah ada bisa diubah-uabh lagi. Fungsi CD-RW sama dengan disket, namun CD- RW mempunyai kapasitas yang lebih besar dibanding disket.
4.              Peralatan Penyimpan Elektronik.
Alat penyimpan elektronik adalah suatu alat penyimpan yang mampu menyimpan data secara elektronik. Cara kerjanya seperti kerja memori utama (RAM) yang membantu CPU dalam mengolah data. Beberapa contoh alat penyimpan jenis ini adalah USB Flash Disk, Smart Card, dan memory Card.
a.    USB Flash Disk.
USB Flash Disk berbentuk seperti pena, yang biasa dicolokkan pada komputer. Alat ini juga populer dengan nama pen disk.
b.   Smart Card.
Contoh Smard  Card adalh kartu telepon prabayar. Dengan kartu ini, kita bisa berkomunikasi setelah memasukkann kartu yang mengadnung chip tersebut ke dalam kotak telepon.
c.     Memory Card (Kartu Memori).
Memory card biasa digunakan pada perangkat komputer PDA atau kamera digital.
D. URGENSI ICT TERHADAP PENGEMBANGAN PENDIDIKAN  ISLAM
       Dunia ini setiap hari mengalami perubahan. Dunia tehmologi turut perberan aktif dalam hal tersebut, perkembangannya sangat pesat seperti yang dapat kita rasakan pada hari ini, contohnya dahulu  jika kita ingin berkomunikasi dengan orang lain yang jaraknya jauh kita harus susah payah menulis surat dan mengirinya melalui kantor pos. Bila dibandingkan pasa saat ini sangatlah berbeda jauh.
       Seiring perkembgangan zaman maka timbullah dampak negatif dan positif. Dari segi dampak positif kita hatus pandai-pandai memanfaat untuk mengambangkan atau untuk membantu kehidupan kita, lebih-lebih dalam bidang pendidikan kita. pengembangan pendidian Islam sangatlah dipengaruhi oleh kemajuan tehnologi yang sedang berkembang pesat seperti sekarang ini, dilihat dari sisi positif sangatlah banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan adanya sistem komputerisasi di sekolah-sekolah termasuk sekolah berbasis pendidikan agama, baik itu ditinjau dari bagian kurikulum dan pengajaran, ataupun ditinjau dari pengolahan data yang menyangkut tentang segala macam data yang berhubungan dengan peserta didik.
       Penerapan dan pengembangan kurikulum berbasis ICT adalah salah satu langkah strategis dalam menyongsong masa depan pendidikan Indonesia. Salah satu contohnya dalam proses belajar mengajar ICT dapat digunakan sebagai media pembelajaran seperti penggunaan video, power point, flas  dan lain-lain. ICT bisa menjadi media yang sangat tepat dalam menyalurkan pesan yang mendorong terciptanya belajar mengajar siswa, termasuk didalamnya pesan-pesan yang disampaikan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
       Dalam intruksinonal sekolah ICT sangat membatu dalam pengerjaan administrsi sekolah yang dilakukan oleh pegawai tata usaha (TU). Dengan ada software yang sangat membatu dalam pengerjaan dan bahkan dapat mempermudah pengerjaan meraka, misalnya MS. Word, MS. Execel, Photo shop  dan lain-lain dan dapat disimapan bentuk file bukan lembaran.  sehingga tidak banyak membutuhkan tempat untuk penyimpanan data tersebut, begitu juga dengan cara pengolahan nilai, cara pengolahan nilai sebelum adanya sistem komputer dilaksanakan secara manual sehingga waktu pengerjaannya sangat lama dan banyak menghabiskan waktu, sehingga tidak efisien.

KESIMPULAN

1.      Teknologi pendidikan adalah pemikiran sistematis tentang pendidikan, penerapan metode problem solving dalam pendidikan yang dilakukan dengan menggunakan hal-hal yang terkait dengan software ( perangkat lunak ) dan hardware ( perangkat keras ).
2.      Dalam pengembangan pendidikan agama Islam sangat perlu  dilakukan dan dikuasai meskipun terdapat beberapa faktor penghambat baik eksternal maupun internal namun hal itu bisa diminimalisir dengan cara pemberian pelatihan pada guru terkait aplikasi ICT dalam pembelajaran. Jika hal itu masih belum maksimal maka perlu dibentuk study group untuk transformasi pengetahuan ICT dimana  setiap guru yang mahir menjadi tutor / trainer of ICT bagi grupnya.
3.     Hardware ICT Dalam  bahasa Indonesia disebut juga dengan nama perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang secara fisik dapat dijamah, dilihat dan dipindahkan  oleh manusia secara langsung atau yang berbentuk nyata Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah. Hardware adalah unsur penyusun computer yang dapat kita sentuh karena merupakan peralatan yang berupa fisik yaitu alat elektronik dan mekanik.
4.  Hardware ICT terdiri atas perangkat keras komputer dibagi menjadi :
Ø Input divice (unit masukan)
Ø Process device (unit Pemrosesan)
Ø Output device (unit keluaran)
Ø  Backing Storage ( unit penyimpanan)
Dari keemapat komponen tersbut saling berhubungan erat dan saling mendukung satu sama lain 

DAFTAR PUSTAKA

Allens, Nancy, A Planning Guide Information and Communication Technologies in Teacher Education , Paris, Place de fontenoy, 2005.
Azra, Azyumardi, Pendidikan Islam, Jakarta, Prenada Media Group, 2012.
Beswick, norman, Commision on Instructional Technology Resource-Based Learning, Virginia, 1997.
Departemen Pendidikan Nasional, Blue Print TIK untuk Pendidikan, Jakarta, Depdiknas, 2005.
Kusnandar, Ade, TIK untuk Pembelajaran, Jakarta, pustekom depdiknas, 2008.
Kholilurrohman, “manfaat ICT dalam pembelajaran PAI”, dalam mediadanalatperagapaismadan smk.blogspot.com
Moore, Peter, Environment of E-Learning, UNESCO, 2003
Nasution, Teknologi Pendidikan, Jakarta, Bumi Aksara,1994.
Soeharto, Karti, Teknologi Pembelajaran, Pendekatan Sistem Konsepsi da Model, SAP, Evaluasi, Sumber Belajar dan Media, Surabaya, SIC, 2003.


Postingan terkait: