PROGRAM SEMESTER
Mata
Pelajaran : Sejarah
Kebudayaan Islam ( SKI )
Satuan
Pendidikan ; Madrasah Tsanawiyah
Tahun
Pelajaran : 20... /20...
Kelas
: Tujuh (VII)
Semester
: 1 ( Satu )
Standar Kompetensi/Kompetensi
Dasar
|
Alokasi
Waktu
|
B U L A N
|
|||||||||||||||||||||||
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
November
|
Desember
|
||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1. Memahami
sejarah kebudayaan Islam
|
|||||||||||||||||||||||||
1.1. Menjelaskan
pengertian kebudayaan Islam
|
|||||||||||||||||||||||||
1.2. Menjelaskan
tujuan dan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam
|
|||||||||||||||||||||||||
1.3. Mengidentifikasi
bentuk/wujud kebudayaan Islam
|
2. Memahami
sejarah Nabi Muhammad SAW periode Mekkah
|
|||||||||||||||||||||||||
2.1. Mendeskripsikan
misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian,
kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat
|
|||||||||||||||||||||||||
2.2. Mengambil
ibrah dari misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa
kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat di kaitkan dengan
perkemba-ngan kondisi sekarang
|
|||||||||||||||||||||||||
2.3. Meneladani perjuangan Nabi Muhammad dan para Sahabat dalam
menghadapi masyarakat Mekkah
|
3. Memahami
sejarah Nabi Muhammad SAW periode Madinah
|
|||||||||||||||||||||||||
3.1. Mendeskripsikan
sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi
dan perdagangan
|
|||||||||||||||||||||||||
3.2. Mengambil
ibrah dari misi Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan
ekonomi dan perdagangan di kaitkan dengan perkemba-ngan kondisi sekarang
|
|||||||||||||||||||||||||
3.3. Meneladani
semangat perjuangan Nabi dan para Sahabat di Madinah
|
|||||||||||||||||||||||||
Mengetahui,
………, ……………, 20…….
Kepala
MTs
Guru
Mata Pelajaran
…………………………..
……………………………
NIP.
NIP.
PROGRAM SEMESTER
Mata
Pelajaran :
Sejarah Kebudayaan Islam ( SKI )
Satuan
Pendidikan ; Madrasah Tsanawiyah
Tahun
Pelajaran : 20... /20...
Kelas
: Tujuh (VII)
Semester
: 2 ( Dua )
Standar Kompetensi/Kompetensi
Dasar
|
Alokasi
Waktu
|
B U L A N
|
|||||||||||||||||||||||
Januari
|
Februari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
juni
|
||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
4. Memahami
sejarah perkembangan Islam pada masa Khulafaurrasyidin
|
|||||||||||||||||||||||||
4.1. Menceritakan
berbagai prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin
|
|||||||||||||||||||||||||
4.2. Mengambil
ibrah dari prestasi-prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin di kaitkan
dengan perkembangan kondisi sekarang
|
|||||||||||||||||||||||||
4.3. Meneladani gaya kepemimpinan
Khulafaurrasyidin
|
|||||||||||||||||||||||||
5. Memahami perkembangan Islam pada masa Bani Umaiyah
|
|||||||||||||||||||||||||
5.1. Menceritakan
sejarah berdirinya daulah Amawiyah
|
|||||||||||||||||||||||||
5.2. Mendeskripsikan perkembangan
kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah
|
|||||||||||||||||||||||||
5.3. Mengidentifikasi tokoh
ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada
masa Bani Umaiyah
|
|||||||||||||||||||||||||
5.4. Mengambil
ibrah dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah
untuk masa kini dan yang akan datang
|
5.5. Meneladani kesederhanaan
dan keshalehan Umar bin
|
|||||||||||||||||||||||||
Mengetahui,
………, ……………, 20…….
Kepala MTs
Guru
Mapel SKI
…………………………..
……………………………
NIP.
NIP.